5 Jenis Batu Alam Untuk Mempercantik Rumah

Membangun rumah sejatinya tidak pernah tidak menyenangkan. Banyak ornament dan detail bahan baku rumah yang bisa kita gunakan untuk mempercantik rumah termasuk batu alam. Batu alam merupakan jenis bebatuan yang terbentuk secara alami berkat bantuan alam di sekitarnya. Ada banyak jenis batu alam yang bisa kita temukan di dunia.

Karena dibentuk secara natural, batu alam cenderung lebih kuat daripada batu lainnya. Bentuknya pun sangat unik dan cantik. Tiap batu alami memiliki karakteristik yang berbeda-beda, beberapa cenderung lebih cocok untuk digunakan di dinding luar rumah. Tapi jenis batu lainnya lebih cocok untuk ditempatkan di dinding kamar mandi.

 

Deretan Batu Alam yang Cocok Untuk Aksesori Rumah

Sebelum memboyong banyak bebatuan alam untuk mempercantik tampilan rumah, alangkah baiknya jika mempelajari karakter bebatuan tersebut. Berikut ini rekomendasi bebatuan alam yang biasa digunakan untuk mempercantik rumah:

 

  1. Marmer

Ingin memiliki hunian yang dinginnya alami tapi tetap terlihat cantik dan elegan? maka pilih marmer sebagai bebatuan alam untuk percantik rumah. Bebatuan alam ini bersifat non kalor dan memiliki corak serta warna yang sangat beragam.

Selain cantik untuk menghiasi dinding rumah, batu marmer juga bagus untuk menghiasi lantai rumah.

Proses aplikasi marmer untuk aksesori rumah pun sangat mudah dan cepat. Kelebihan lain dari batu ini adalah tidak gampang rusak saat tergores dan tahan lama.

 

  1. Granit

Batu ini umumnya dianugerahi dengan warna-warna terang yang sangat unik sehingga mampu menonjolkan fitur rumah meski bangunannya sangat sederhana. Aplikasi batu granit untuk rumah tangga biasanya dilakukan untuk dinding dan lantai.

Karena memiliki warna yang terang, bebatuan ini cenderung kita temukan menghiasi lantai dapur atau kamar mandi.

 

  1. Andesit

Adalah bebatuan alam yang terbentuk ketika gunung berapi memuntahkan lahar ke area sekitarnya. Jadi tidak heran jika bebatuan ini memiliki corak warna natural yakni warna hitam dan abu-abu. Beberapa negara, gemar menggunakan andesit sebagai material bangunan rumah.

Alasan batu ini sangat populer karena karakternya yang sangat kuat dan keras melebihi batu alam lainnya. Andesit juga tahan terhadap lumut dan cuaca yang ekstrem, dengan perawatan yang sangat mudah.

Meskipun warnanya kurang menarik, batu ini diperkaya dengan corak yang sangat indah.

 

  1. Pebble

Kreativitas tinggi bisa menghasilkan suatu hal yang menarik, termasuk ketika kita mencoba untuk menyusun batu pebble sebagai hiasan rumah. Batu pebble sekilas tampak sangat tidak menarik bahkan terkesan membosankan.

Namun bila kita mampu menyusunnya dengan baik dengan pengaturan warna yang tepat, maka bisa menghasilan karya seni yang tinggi.

Banyak orang yang melukis batu pebble dengan cat warna anti air yang kemudian disusun menjadi gambaran unik di halaman rumah atau taman.

Dekorasi taman dengan susunan batu pebble yang didesain menarik membuat mata kita terasa nyaman karena pemandangan indah yang disajikannya. Dengan batu ini, kita bisa mengekspresikan diri sesuka hati.

 

  1. Sabak

Jenis batu alam terakhir yang direkomendasikan untuk hiasan rumah yaitu batu sabak yang memiliki karakter tidak rata. Batu ini dihasilkan dari perubahan batuan lumpur atau serpihan.

Sabak hadir dengan variasi warna yang menarik, mulai dari warna natural hingga warna terang. Kita bisa memilih warna terang untuk ditempatkan di ruangan yang penerangannya minim seperti dapur atau kamar mandi.

Sedangkan untuk bagian luar rumah, warna-warna netral jauh lebih sesuai. Selain dikenal sebagai batu sabak, kita juga mengenal batu alam ini sebagai batu kali.

Batu sabak merupakan pilihan terbaik karena sangat awet termasuk terhadap perubahan cuaca yang ekstrem.